Ulangan Harian Bab 6 : Analisis Data M.N.Kaysan Nasheef 24/8B

 Jawaban Soal Ulangan Harian 

1. Agar mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.

 2. Cara mengolah data dengan baik adalah dengan cara menggunakan microsoft excel. Microsoft Excel sangat berguna untuk menganalisis sebuah data dikarenakan dengan shortcut-shortcut bergunanya untuk mengelola data yang banyak.

 3. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. Sedangkan fungsi HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.

4. Pivot table adalah sebuah tabel berisi data yang telah diringkas berdasarkan kategori tertentu. Peringkasan data tersebut dapat melibatkan proses penjumlahan, perhitungan rata-rata, dan sebagainya. Peringkasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi yang lebih berguna terhadap data yang ada, yang nantinya dapat digunakan untuk membantu proses analisis data.

5. SUMIFS dan COUNTIFS adalah formula yang dapat dipergunakan pada aplikasi lembar kerja untuk menghitung nilai dari sekumpulan data berdasarkan kondisi tertentu.

6. Peringkasan Data adalah menyederhanakan data agar dapat diperoleh informasi yang sesederhana mungkin tentang karakteristik data itu.

7.  Penting dipelajari karena untuk mengelola data dengan menggunakan fungsi pencarian, peringkasan data dengan pivot table, fungsi SUMIFS, fungsi COUNTIFS, maupun memanfaatkan fitur tables otomatis dari aplikasi lembar kerja.

8. -Pilih data. Adapun langkah pertama adalah memilih data yang ingin dijadikan bentuk grafik.

-Pilih Insert pada menu bar.

-Pilih jenis grafik yang diinginkan.

-Atur posisi grafik ke dalam worksheet.

-Ubah judul grafik.

9. Proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang di perlukan secepat mungkin.

10. Proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.

11. proses mengumpulkan data penelitian dan mengubahnya menjadi informasi yang dapat digunakan oleh banyak pemangku kepentingan.

12. fungsi Lookup adalah saat kita harus mencari di dalam satu baris atau satu kolom dan menemukan nilai dari posisi yang sama dalam baris atau kolom kedua.

13. Fungsi Match adalah Mengembalikan posisi dari suatu nilai di dalam suatu range tabel satu dimensi. Posisi dimulai dari 1. Fungsi Index adalah Mengembalikan nilai dari suatu range dua dimensi, pada alamat sel (posisi baris dan kolom) yang ditunjuk. Fungsi Choose adalah Mengembalikan suatu nilai dari sederet nilai, berdasarkan nomor posisi dalam deretan nilai.

14. iya, karena COUNTIFS menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.

15. Menurut saya COUNTIF lebih susah untuk digunakan daripada SUMIF karena sumif hanya dibutuhkan beberapa kriteria untuk dipenuhi, dan countif dibutuhkan semua kriteria dipenuhi.

16. Iya, karena Absolute reference dapat mengunci sebuah sel jadi jika kita menggunakan SUMIF/COUNTIF sel tersebut tidak akan menjumlah, membagi, mengurang, mengkali dan lain-lain.

17. iya, saya senang belajar dan merasa tertangntang dengan materi analisa data ini.

18. Kita tidak bisa menganalisis data dengan gampang atau cepat dan kita harus melakukan manual jadi harus mengkali, menambah, mengurang, membagi data-data tersebut.

19. Makna pivot table dalam kbbi adalah putaran. Pivot table bisa digunakan sebagai alternatif untuk melakukan analisis terhadap data terkait, mengelompokan dan juga meringkas data.

20. Iya, saya mengerti dalam mengerti kegunaan pivot table satu dimensi dan pivot table dua dimensi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban pertemuan ke - 6 (Kaysan 24/8B)

INFORMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA (Kaysan 24/8B)

Resume Bab 1 Informatika (Kaysan 24-B)