Ulangan Harian Informatika (Kaysan 24/8B)
SOAL ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8
1.
Kurikulum Informatika terdiri atas
8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!
Jawaban :
Delapan elemen dalam kurikulum Informatika yaitu
:
a.
Berpikir Komputasional (BK)
b.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK)
c.
Sistem Komputer (SK)
d.
Jaringan Komputer dan Internet
(JKI)
e.
Analisis Data (AD)
f.
Algoritma dan Pemrograman (AP)
g.
Dampak Sosial Informatika (DSI)
h.
Praktika Lintas Bidang (PLB)
2.
Apakah siswa atau peserta didik
dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan
bermakna dengan tidak menggunakan komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk
kalimat!
Jawaban :
Iya, karena dari pengalaman atau kejadian
sehari-hari siswa atau peserta didik pun ternyata kalau dipikirkan kembali,
adalah praktik langsung dari informatika. Jadi memahami konsep dan implementasi
informatika dapat dilakukan baik dengan komputer maupun tidak menggunakan
komputer.
3.
Sebutkan 6 prinsip yang perlu
dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!
Jawaban :
Enam prinsip dalam mempelajari Informatika yaitu :
a. Informatika
didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan
berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
b. Informatika
bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi
(perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah
satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.
c. Informatika
terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran
yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna,
dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan
kehidupan sehari-hari.
d. Informatika
merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu,
setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata
pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika?
Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik
dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan
yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
e. Pembelajaran
Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital
kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai
pengguna teknologi atau konsumen produk.
f. Pembelajaran
Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII,
untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan
pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.
4. Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan komputer
atau internet!
Jawaban
:
Contoh
belajar informatika tanpa menggunakan komputer adalah bermain catur atau congklak.
Permainan catur atau congklak dapat melatih kita berpikir komputasional,
melakukan algoritma, dan meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan analisa
dan menyelesaikan masalah.
5.
Sebutkan keenam dimensi dalam
Profil Pelajar Pancasila?
Jawaban :
Enam
dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu :
a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
b. Berkebhinekaan global
c. Bergotong royong
d. Mandiri
e. Bernalar kritis
f.
Kreatif
6. Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan
mengacu kepada Profil Pemuda Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat
dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!
Jawaban
:
Ya,
saya telah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar
Pancasila seperti beriman dan beribadah kepada Allah SWT serta tidak
membeda-bedakan teman ketika bergaul di sekolah.
7.
Proyek apa yang sudah kalian
kerjakan dari guru Informatika secara berkelompok?
Jawaban :
Keterampilan
Genetik dan hasil diskusi berkaitan dengan hardware.
8.
Apakah kalian telah menerapkan
berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari? Tuliskan
dalam bentuk kalimat dan berikan contohnya!
Jawaban :
Ya,
saya telah menerapkan berpikir komputasional (BK) dalam kegiatan sehari-hari misalnya
memasak nasi. Ketika memasak nasi saya akan menyiapkan beras, air, dan rice
cooker terlebih dahulu. Kemudian saya masukkan beras secukupnya, air
secukupnya, dan nyalakan rice cookernya. Setelah menunggu beberapa menit, nasi
sudah siap disajikan.
9. Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!
Jawaban :
Aplikasi perkantoran yang sudah saya kuasai
antara lain :
a.
Microsoft Office Word
b.
Microsoft Office Excel
c. Microsoft Power Point
d. Canva
10. Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja
yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!
Jawaban :
Tugas-tugas
Informatika yang sudah saya kerjakan di blog antara lain tulisan tentang Resume
Bab 1, Resume Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Slide Share Aman Bermedia
Digital, Informatika Dan Pembelajarannya, dan Menjawab Soal-Soal Pertemuan ke 6.
Alamat blog saya adalah https://kaysan24.blogspot.com/
11.
Buatlah sebuah cover buku bagian
depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan
aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!
Jawaban :
Untuk tugas cover buku dapat dilihat melalui tautan canva berikut iki :
12.
Apakah kalian dapat membuat peta
pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi
pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari
sudut pandangmu sendiri!
Jawaban :
Dapat, peta pikiran atau peta konsep yang
mengoneksikan elemen-elemen informatika dapat dilihat dari tautan canva berikut
ini :
13. Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari
8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!
Jawaban :
Salah satu pengalaman beraktivitas yang
berkesan bagi saya ketika belajar informatika adalah ketika mendapatkan tugas
praktik Algoritma dan Pemrograman di Kelas VII. Tugas yang diberikan adalah
membuat game dari web yang bernama Scracth. Walaupun hanya game sederhana, saya
sudah berhasil membuat sebuah game yang bisa dimainkan orang lain. Game itu saya beri nama “Bounce The Basketball”.
14.
Apakah kalian dapat memberikan
satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau
dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di
kelas VII?
Jawaban :
Dapat, contoh sederhana pengalaman sehari-hari yang ternyata kalau
dipikirkan kembali adalah praktik dari informatika, misalnya saat kita menyiapkan
baju seragam atau buku pelajaran sekolah. Kita secara otomatis akan menyiapkan
dan menata secara berurutan baju seragam sesuai dengan urutan hari dipakai.
Kita juga akan menyiapkan buku pelajaran sesuai dengan jadwal hari yang
bersangkutan. Ini tanpa kita sadari merupakan implementasi dari elemen
informatika.
15. Buatlah sebuah album dengan Microsoft Power Point yang berisi jadwal
mata pelajaran kamu dari hari Senin sampai Jumat!
Jawaban :
16.
Ibunda atau ibu
kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus
ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa
uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi
uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula
pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung.
Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan
membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang
bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi
untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat
melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan
gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000,
berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian
kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?
Jawaban :
Dengan uang Rp 100.000,00 maka kita akan dapat 3
bungkus gula pasir dan masih ada uang tersisa sebesar Rp 10.000,00.
17. Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: …………………………………………………………………………………………………….
Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8!
Jawaban :
B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ke lubang input nomor 2.
Apabila adonan berbentuk lingkaran dimasukkan ke lubang input nomor 2, ketika melewati alat pembentuk adonan lingkaran --> persegi, maka akan berubah bentuk menjadi persegi. Selanjutnya ketika adonan melewati alat pembentuk adonan persegi --> segitiga, maka adonan akan berubah menjadi segitiga. Kemudian ketika melewati alat pembentuk adonan segitiga --> persegi, maka adonan akan berubah bentuknya menjadi persegi dan keluar melalui bagian K.
18.
Banyak hal
dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita
dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh
sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka
rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua
buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau
kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?”
Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut,
kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan
adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku,
buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil
gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu
{jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan
kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu
{mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu
irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak,
dan buah kesukaan adik dan kakak!
Jawaban :
19.
Dalam kehidupan
sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai
sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan
langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut
algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam
membuat mie goreng!
Jawaban :
Langkah-langkah dalam membuat mie goreng :
a. Rebus mie dalam air mendidih
selama 3 menit sambil diaduk.
b. Sementara mie direbus, buka
dan campurkan bumbu, minyak bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.
c. Tiriskan mie, kemudian
campurkan mie ke dalam campuran bumbu di piring, aduk hingga merata.
d. Taburkan bawang goreng
sebagai pelengkap.
e. Mie goreng siap disajikan.
20.
Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang sering kita
lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi artefak
komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat
digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi
pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk
membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering
dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti
laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun
gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa
aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan
menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif
dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor
sewaktu kalian kelas 7!
Jawaban :
Komentar
Posting Komentar