Ulangan Harian Informatika (Kaysan 24/8B)

 SOAL ULANGAN HARIAN INFORMATIKA KELAS 8

1.       Kurikulum Informatika terdiri atas 8 elemen. Sebutkan kedelapan elemen tersebut!

Jawaban :

Delapan elemen dalam kurikulum Informatika yaitu :

a.       Berpikir Komputasional (BK)

b.       Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

c.       Sistem Komputer (SK)

d.       Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

e.       Analisis Data (AD)

f.        Algoritma dan Pemrograman (AP)

g.       Dampak Sosial Informatika (DSI)

h.       Praktika Lintas Bidang (PLB)

 

2.       Apakah siswa atau peserta didik dapat memahami konsep dan implementasi informatika dengan lebih baik dan bermakna dengan tidak menggunakan komputer? Jelaskan pendapat kamu dalam bentuk kalimat!

Jawaban :

Iya, karena dari pengalaman atau kejadian sehari-hari siswa atau peserta didik pun ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik langsung dari informatika. Jadi memahami konsep dan implementasi informatika dapat dilakukan baik dengan komputer maupun tidak menggunakan komputer.

 

3.       Sebutkan 6 prinsip yang perlu dipahami oleh siswa atau peserta didik dalam mempelajari Informatika!

Jawaban :

Enam prinsip dalam mempelajari Informatika yaitu :

a.    Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir. Berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.

b.    Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer, tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi, dan ekonomi.

c.    Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna, dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.

d.    Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain. Oleh sebab itu, setelah belajar Informatika, kalian perlu memikirkan: Apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran Informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat kuterapkan untuk menyelesaikan kan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?

e.    Pembelajaran Informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide, karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital, bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.

f.     Pembelajaran Informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep Informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.

 

4.       Coba kalian tuliskan belajar informatika tanpa menggunakan komputer atau internet!

Jawaban :

Contoh belajar informatika tanpa menggunakan komputer adalah bermain catur atau congklak. Permainan catur atau congklak dapat melatih kita berpikir komputasional, melakukan algoritma, dan meningkatkan kemampuan kita dalam melakukan analisa dan menyelesaikan masalah.

 

5.       Sebutkan keenam dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila?

Jawaban :

Enam dimensi Profil Pelajar Pancasila yaitu :

a.       Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia

b.       Berkebhinekaan global

c.       Bergotong royong

d.       Mandiri

e.       Bernalar kritis

f.        Kreatif

 

6.       Apakah selama ini kamu sudah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pemuda Pancasila? Tuliskan jawabanmu dalam bentuk kalimat dan jelaskan apa saja yang sudah kamu lakukan dalam kegiatan sehari-hari!

Jawaban :

Ya, saya telah menjalankan kegiatan sehari-hari dengan mengacu kepada Profil Pelajar Pancasila seperti beriman dan beribadah kepada Allah SWT serta tidak membeda-bedakan teman ketika bergaul di sekolah.

 

7.       Proyek apa yang sudah kalian kerjakan dari guru Informatika secara berkelompok?

Jawaban :

Keterampilan Genetik dan hasil diskusi berkaitan dengan hardware.

 

8.       Apakah kalian telah menerapkan berpikir komputasional (BK) untuk menyelesaikan persoalan sehari-hari? Tuliskan dalam bentuk kalimat dan berikan contohnya!

Jawaban :

Ya, saya telah menerapkan berpikir komputasional (BK) dalam kegiatan sehari-hari misalnya memasak nasi. Ketika memasak nasi saya akan menyiapkan beras, air, dan rice cooker terlebih dahulu. Kemudian saya masukkan beras secukupnya, air secukupnya, dan nyalakan rice cookernya. Setelah menunggu beberapa menit, nasi sudah siap disajikan.

 

9.       Tuliskan lebih dari tiga aplikasi perkantoran yang sudah kamu kuasai!

Jawaban :

Aplikasi perkantoran yang sudah saya kuasai antara lain :

a.       Microsoft Office Word

b.       Microsoft Office Excel

c.       Microsoft Power Point

d.       Canva

 

10.   Dari pertemuan pertama hingga pertemuan keenam, tugas-tugas apa saja yang sudah kalian kerjakan di blog? Tuliskan alamat blog kamu!

Jawaban :

Tugas-tugas Informatika yang sudah saya kerjakan di blog antara lain tulisan tentang Resume Bab 1, Resume Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Slide Share Aman Bermedia Digital, Informatika Dan Pembelajarannya, dan Menjawab Soal-Soal Pertemuan ke 6. Alamat blog saya adalah https://kaysan24.blogspot.com/

 

11.   Buatlah sebuah cover buku bagian depan dan belakang yang berjudul Belajar Informatika di Kelas 8! Buatlah dengan aplikasi Canva atau aplikasi lainnya yang sudah kamu kuasai!

Jawaban :

Untuk tugas cover buku dapat dilihat melalui tautan canva berikut iki :

https://www.canva.com/design/DAFKBUKmxUE/ncH6gQQb0yuNbVAB3EvK0w/view?utm_content=DAFKBUKmxUE&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton




12.       Apakah kalian dapat membuat peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen tersebut menjadi pengetahuan yang utuh? Kalau dapat, silahkan dibuatkan peta konsepnya dari sudut pandangmu sendiri!

Jawaban :

Dapat, peta pikiran atau peta konsep yang mengoneksikan elemen-elemen informatika dapat dilihat dari tautan canva berikut ini :

https://www.canva.com/design/DAFKBUKmxUE/ncH6gQQb0yuNbVAB3EvK0w/view?utm_content=DAFKBUKmxUE&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton



13.       Pengalaman beraktivitas pada elemen yang mana yang paling berkesan dari 8 elemen informatika? Mengapa? Ceritakan dengan ringkas dan kalimat yang jelas!

Jawaban :

Salah satu pengalaman beraktivitas yang berkesan bagi saya ketika belajar informatika adalah ketika mendapatkan tugas praktik Algoritma dan Pemrograman di Kelas VII. Tugas yang diberikan adalah membuat game dari web yang bernama Scracth. Walaupun hanya game sederhana, saya sudah berhasil membuat sebuah game yang bisa dimainkan orang lain. Game itu saya beri nama “Bounce The Basketball”.

 

14.       Apakah kalian dapat memberikan satu atau dua contoh pengalaman sehari-hari kalian yang ternyata kalau dipikirkan kembali, adalah praktik dari informatika yang sudah dipelajari di kelas VII?

Jawaban :

Dapat, contoh sederhana pengalaman sehari-hari yang ternyata kalau dipikirkan kembali adalah praktik dari informatika, misalnya saat kita menyiapkan baju seragam atau buku pelajaran sekolah. Kita secara otomatis akan menyiapkan dan menata secara berurutan baju seragam sesuai dengan urutan hari dipakai. Kita juga akan menyiapkan buku pelajaran sesuai dengan jadwal hari yang bersangkutan. Ini tanpa kita sadari merupakan implementasi dari elemen informatika.

 

15.       Buatlah sebuah album dengan Microsoft Power Point yang berisi jadwal mata pelajaran kamu dari hari Senin sampai Jumat!

Jawaban :








16.       Ibunda atau ibu kalian memberi uang Rp. 100.000 (seratus ribu rupiah) untuk membeli gula pasir. Kalian pergi ke warung TERDEKAT membawa uang dan kalian kembali membawa gula (dan uang kembalian, jika Bunda memberi uang melebihi harga gula). Karena kalian sudah SMP dan sudah “teruji” pergi ke warung untuk membeli gula pasir yang diminta Bunda, Bunda tidak perlu merinci kepergian kalian ke warung. Hal yang penting, kalian berangkat dengan membawa uang dan kembali dengan membawa gula pasir sesuai pesan Bunda, serta uang kembalian jika memang bersisa. Contoh yang terakhir ini lebih dekat dengan konsep algoritma, dimana Bunda memberi kalian instruksi untuk membeli gula PASIR, dan karena kalian memahami instruksinya, kalian dapat melakukannya, yaitu “menukar” uang dengan gula pasir. Jika harga gula PASIR sebungkus Rp. 30.000, berapa bungkus gula kalian dapatkan? Apakah masih ada uang tersisa yang kalian kembalikan kepada Ibunda atau Ibu?

Jawaban :

Dengan uang Rp 100.000,00 maka kita akan dapat 3 bungkus gula pasir dan masih ada uang tersisa sebesar Rp 10.000,00.

 

17.       Bobo sedang bermain ke sebuah pabrik pembuat kue. Di pabrik tersebut, terdapat mesin yang dapat membentuk adonan kue menjadi bentuk-bentuk tertentu. Mesin tersebut memiliki tiga pintu masuk yang pada gambar ditandai dengan angka 1, 2, dan 3. Adonan kue akan dimasukkan ke dalam mesin melalui pintu masuk tersebut, mengalir di sepanjang jalur yang akan membawanya ke pintu keluar yang ditandai dengan huruf K. Gambar 2.3 Mesin Pembentuk Adonan Pada jalur-jalur mesin, terdapat alat pembentuk adonan yang dapat mengubah bentuk adonan tertentu menjadi bentuk lainnya. Alat tersebut ditandai dengan sebuah garis ( ). Pada setiap alat, terdapat petunjuk mengenai bentuk awal adonan yang akan diubah (A) dan bentuk akhir adonan setelah melalui alat tersebut (B). Proses itu dituliskan dengan A à B, yang artinya “jika adonan berbentuk A melewati alat tersebut, adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk B”. Jika adonan yang melalui alat tersebut tidak berbentuk A, adonan tidak akan mengalami perubahan bentuk. Contoh, jika ada adonan berbentuk segitiga melalui alat , adonan tersebut akan diubah menjadi bentuk lingkaran. Jika adonan yang melalui mesin tersebut berbentuk persegi atau lingkaran, tidak akan perubahan bentuk adonan. Tantangan: Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika keluar dari bagian K, bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan dimasukkan ke pintu nomor berapa? Pilih salah satu: A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1. B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2. C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2. D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3. Jawaban kalian adalah: ……………………………………………………………………………………………………. 

Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut!. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar. Kalian bisa membuka buku (OPEN BOOK) halaman 26 dan 27 Buku Informatika kelas 8!

Jawaban :



B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ke lubang input nomor 2.

Apabila adonan berbentuk lingkaran dimasukkan ke lubang input nomor 2, ketika melewati alat pembentuk adonan lingkaran --> persegi, maka akan berubah bentuk menjadi persegi. Selanjutnya ketika adonan melewati alat pembentuk adonan persegi --> segitiga, maka adonan akan berubah menjadi segitiga. Kemudian ketika melewati alat pembentuk adonan segitiga --> persegi, maka adonan akan berubah bentuknya menjadi persegi dan keluar melalui bagian K.

 

18.       Banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dapat direpresentasikan dalam bentuk himpunan. Kita dapat mengambil kesimpulan dari pengolahan himpunan. Mari, kita lihat contoh sederhana berikut ini. Adik suka buah jeruk, mangga, dan jambu. Kakak suka rambutan, mangga, duku, dan buah naga. Seseorang bertanya kepada kalian dua buah pertanyaan. Pertanyaan pertama, “Buah apa sajakah yang disukai adik atau kakak?” Pertanyaan kedua, “Buah apa sajakah yang disukai adik dan kakak?” Tentunya, jawaban kalian berbeda. Untuk menjawab dua buah pertanyaan tersebut, kalian dapat menuliskan himpunan buah kesukaan adik dan kakak. Buah kesukaan adik = {jeruk, mangga, jambu}. Buah kesukaan kakak = {rambutan, mangga, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan pertama, kalian perlu mencari hasil gabungan dari kedua himpunan tersebut yang menghasilkan himpunan baru, yaitu {jeruk, mangga, jambu, rambutan, duku, buah naga}. Untuk menjawab pertanyaan kedua, kalian perlu mencari irisan dari kedua himpunan tersebut, yaitu {mangga}. Buatlah gambar dalam bentuk power point yaitu irisan buah kesukaan adik, buah kesukaan kakak, buah kesukaan adik atau kakak, dan buah kesukaan adik dan kakak!

Jawaban :


19.       Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kalian sering menemukan Langkah-langkah untuk mencapai sesuatu, misalnya langkah-langkah untuk memasak mie instan. Kumpulan langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah permasalahan itulah yang disebut algoritma. Tolong tuliskan langkah-langkah KAMU dalam membuat mie goreng!

Jawaban :

Langkah-langkah dalam membuat mie goreng :

a.       Rebus mie dalam air mendidih selama 3 menit sambil diaduk.

b.       Sementara mie direbus, buka dan campurkan bumbu, minyak bumbu, kecap manis, dan saus cabe ke dalam piring.

c.       Tiriskan mie, kemudian campurkan mie ke dalam campuran bumbu di piring, aduk hingga merata.

d.       Taburkan bawang goreng sebagai pelengkap.

e.       Mie goreng siap disajikan.

 

20.       Pelaporan dan dokumentasi adalah salah satu pekerjaan yang sering kita lakukan. Laporan kegiatan, laporan keuangan, dan dokumentasi artefak komputasional ialah contoh dari laporan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan laporan ialah aplikasi pengolah kata. Aplikasi pengolah kata memiliki fitur yang banyak sehingga dapat dipergunakan untuk membuat laporan yang baik. Namun, dalam pembuatan laporan, kita sering dihadapkan dengan kebutuhan menggabungkan beberapa bentuk konten seperti laporan yang dilengkapi dengan analisis data, tampilan grafik dari data, maupun gambar dan peta di dalam laporan kita. Dengan menggabungkan kemampuan beberapa aplikasi, kalian dapat membuat hasil kerja kalian menjadi lebih baik dan menarik. Proses pembuatan laporan atau presentasi juga menjadi lebih efektif dan efisien. Buatlah slide presentasi singkat dari kunjungan museum ke Bogor sewaktu kalian kelas 7!

Jawaban :











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jawaban pertemuan ke - 6 (Kaysan 24/8B)

INFORMATIKA DAN PEMBELAJARANNYA (Kaysan 24/8B)

Resume Bab 1 Informatika (Kaysan 24-B)